Selasa, 30 November 2010

red-tailed pipe snake

Ular ini hasil rescue dari Pak Ichwan, ditemukan di sekitar rumahnya di kompleks perumahan Ciomas Bogor.

Dengan Bobot badan: 80 gram, panjang: 60 cm

Menurut beliau ular ini sering dijumpai dalam keadaan sedang menyebrang jalan, biasanya setelah turun hujan di sore-malam hari. Jenis ular ini memang hidup nocturnal atau biasa memulai aktivitasnya dimalam hari.

Ular ini memiliki nama ilmiah Cylindrophis ruffus (Laurenti 1768)

Atau umumnya dikenal oleh masyarakat lokal dengan nama ular kepala dua, oray totog atau oray teropong (Sunda), majara (Toraja), atau ular gelenggang .
Dalam bahasa inggris disebut dengan nama Red-tailed Pipe Snake atau Common Pipe Snake.

Disebut Ular Kepala Dua karena sekilas ekor dan kepala terlihat mirip. Sebagai self defense menghindari predator ekor ular ini akan terangkat dan kepala disembunyikan ke bagian tubuh. Jenis ular tidak berbisa.

Ciri:
- Tubuh bagian atas (dorsal) berwarna hitam, dengan belang-belang merah jingga. Kepala dan ekor berwarna merah jingga dengan noda-noda hitam.
- Warna-warna cerah ini sering memudar atau menghilang dengan bertambahnya umur dan ukuran tubuh ular, sehingga ular nampak dominan kehitaman.
- Sisi bawah tubuh (ventral) hitam dengan belang-belang putih, tersusun berseling seperti papan catur.
- Sisi bawah ekor kemerahan, menyebabkannya sering disangka sebagai ular cabe (Maticora intestinalis) yang berbisa (Wikipedia 2009).

Habitat: hutan-hutan dataran rendah yang lembab, kebun dan lahan-lahan pertanian, daerah berawa dan persawahan, di bawah kayu-kayu lapuk, di balik tumpukan serasah yang membusuk, atau di tepi sungai.

Di Indonesia Ular kepala dua dapat ditemukan di Semenanjung Malaya, Sumatra, Borneo, Jawa, Sulawesi, Kepulauan Sula, Kepulauan Sangihe, Buton, Boano dan Bacan di Maluku.

Sekali lagi, ular ini mungkin berada disekitar kita, kenali mereka sehingga kita tidak salah bertindak dan dapat menyediakan habitat hidup yang layak untuk satwa-satwa ini. OK..

JANGAN BUNUH ULAR!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar